Tuesday, May 23, 2017

Analisis kebijakan peningkatan pemberian ASI bagi pekerja wanita

Nur Hasanah
Kelas A

Kelebihan pemberian Air Susu Ibu (ASI) pada bayi merupakan cara terbaik bagi peningkatan kualitas SDM sejak dini yang akan menjadi penerus bangsa. ASI merupakan makanan yang paling sempurna bagi bayi. Pemberian ASI berarti memberikan zat-zat gizi yang bernilai gizi tinggi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan syaraf dan otak, memberikan zat-zat kekebalan terhadap beberapa penyakit dan mewujudkan ikatan emosional antara ibu dan bayinya.
 ·  Peningkatan Pemberian ASI dilaksanakan sebagai upaya peningkatan kualitas SDM yang merupakan bagian integral dari pembangunan Nasional, khususnya dalam peningkatan kualitas hidup.
·   Peningkatan Pemberian ASI (PP-ASI) dilaksanakan secara lintas sektor dan terpadu dengan melibatkan Peran Serta Masyarakat khususnya masyarakat pekerja.
·   PP-ASI menitikberatkan pada pemberdayaan masyarakat dan keluarga untuk mendukung ibu hamil dan ibu menyusui dalam melaksanakan tugas sesuai kodratnya.
·  Membudayakan perilaku menyusui secara eksklusif kepada bayi sampai dengan usia 6 bulan.
· PP-ASI dilaksanakan secara bertahap dan berkesinambungan di setiap tempat kerja.
kelemahan belum banyak diterapkan di berbagai tempat kerja atau perusahan meskipun telah ada peraturan yang mengatur pentingnya bagi para pekerja wanita untuk memberikan ASI eksklusif kepada anak nya. Tidak memberikan fasilitas atau ruang khusus untuk pekerja wanita menyusui anaknya, belum adanya pemberdayaan atau sosialisasi bagi pekerja wanita terkait pentingnya pemberian ASI kepada anak sejak bayi/dini