Thursday, June 1, 2017

Tugas administrasi dan kebijakan kesehatan

NAMA             : RIZA SRI AGUSTIN

NIM/KELAS    : 1500029062/C

 

A.    EVALUASI PROGRAM BPJS

 

1.      Evaluasi input

   Evaluasi ini ditujukan untuk menilai segala sesuatu yang harus tersedia untuk      berlangsungnya suatu proses kebijakan. Segala sesuatu itu berupa sumber          daya manusia dan sumber daya non manusia, misalnya ketersediaan fasilitas      kesehatan dan sumber daya manusia (tenaga kesehatan). Dalam hal ini              sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa fasilitas kesehatan dan tenaga          kesehatan yang tersedia dalam program BPJS itu sendiri masih belum                memadai yang mana jumlah fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatn yang          terampil dan berkompeten tidak sebanding dengan jumlahpeserta BPJS

2.      Evaluasi proses

    Evaluasi ini ditujukan untuk mengukur apakah kebijakan yang telah                     diimplementasikan sesuai dengan yang telah direncanakan. hal ini dapat dilihat     dari masih tidak efektifnya peingktlaksanaan program BPJS itu sendiri yang         mana pelayanan BPJS lebih banyak dimanfaatkan oleh mereka yang berada         pada tingkat ekonomi tinggi sedangkan mereka yang berada pada tingkat             ekonomi rendah mendapatkan diskriminasi dalam pelayanan kesehatan               padahal pada hakikatnya program tersebut diperuntukan untuk membantu             masyarakat ekonomi rendah.

3.      Evaluasi output

    Evaluasi ini ditujukan untuk menilai sejauh mana program tersebut berhasil,         yakni sejauh mana tujuan-tujuan yang telah ditetapkan tercapai. Dalam hal ini       program BPJS belum mencapai harapan yang telah ditetapkan dimana masih       banyak masyarakat menengah ke bawah yang belum bisa mendapkan                 pelayanan kesehatan yang maksimal sesuai dengan harapan dan tujuan dari         program BPJS itu sendiri.

 

 

B.     KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PROGRAM BPJS

   1.      Kelebihan

         ·Iuran Relatif Murah

          Iuran bulanan yang dibebankan kepada peserta BPJS Kesehatan mandiri             relatif ringan. Kelas III Rp. 25.500, Kelas II Rp. 42.500, dan Kelas I Rp.               59.500.

        

          ·Pembayaran Iuran Sangat Mudah

          Jika ingin membayar iuran Anda cukup melakukan pembayaran melalui               ATM atau datang langsung ke bank yang bekerjasama dengan BPJS                   Kesehatan.

         

         ·Jaminan Seluruh Penyakit

          BPJS Kesehatan menjamin segala macam penyakit termasuk penyakit               kronis yang diderita oleh pesertanya tanpa kecuali. Selain itu juga tidak               ada batas usia untuk menjadi peserta. Ini menjadi pilihan karena asuransi             pihak swasta ada kalanya tidak menjamin seluruh penyakit yang di derita             dan adanya batas maksium usia peserta.

        

          ·Bekerjasama dengan Banyak Rumah Sakit

          Tidak hanya dengan Rumah Sakit pemerintah, program BPJS kesehatan             juga bekerjasama dengan banyak Rumah Sakit swasta. Dalam pelayanan             Rumah Sakit pun tidak dibedakan antara pasien BPJS Kesehatan dengan           pasien umum.

 

  2.      Kekurangan

       ·Harus Menggunakan Rujukan

        Anda yang ingin berobat ke Rumah Sakit harus terlebih dahulu mengurus             surat rujukan ke fasilitas kesehatan tingkat I yaitu Puskesmas. Ini dinilai             cukup merepotkan bagi pasien karena harus bolak-balik mengurus                       persyaratan.

     

      ·Antrean Panjang

       Ada beberapa Rumah Sakit yang hanya melayani pasien peserta BPJS                Kesehatan di hari tertentu sehingga mengakibatkan penumpukan pasien di          Rumah Sakit.


      ·Pendaftaran Peserta Sulit

       Jika ingin menjadi peserta BPJS Kesehatan Anda harus datang ke kantor            perwakilan BPJS Kesehatan di kota Anda untuk mengisi formulir. Ini cukup          merepotkan karena biasanya antrean sangat panjang. Meskipun ada                    fasilitas pendaftaran melalui website ataupun bank yang bekerjasama,                  namun sering kali jaringannya bermasalah.

       

     ·Fasilitas Dikurangi

      Ada beberapa keluhan dilontarkan oleh peserta BPJS Kesehatan yang                 sebelumnya peserta Jamsostek dimana ada beberapa fasilitas yang                     sebelumnya ditanggung kini menjadi tidak ditanggung.