Sunday, June 4, 2017

Evaluasi kebijakan Program Kesehatan UKS

Nama : Intan Wahyuni Tukiyo

Nim : 1500029368

Kelas : B



Evaluasi Kebijakan Program UKS


    UKS adalah suatu program usaha kesehatan yang dijalankan di sekolah untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik sehingga dapat memaksimalkan potensi dan prestasi anak untuk belajar. Tujuan utama program UKS adalah melatih siswa untuk berperilaku hidup sehat sehingga anak dapat tumbuh kembang secara optimal.

       Berdasarkan program UKS yang sudah berjalan, ada beberapa hal yang perlu di evaluasi dari adanya program ini yaitu :

  1. Input : dari segi input,program uks memiliki banyak program sesuai dengan tingkatan sekolah mulai dari TK hingga SMA,  program dari UKS yang utama adalah Trias UKS, dengan trias uks sendiri akan banyak program yang dapat di lakukan, dan dari adanya trias uks penjalanan program tersebut sudah cukup baik di setiap poin program yang ada pada target trias uks. Pelaksanaan program UKS ini dibantu oleh berbagai pihak yang bersangkutan dengan program ini yaitu tenaga yang dibantu oleh tenaga kesehatan dari pihak puskesmas setempat,guru disekolah dan juga partisipasi aktif dari murid, pelaksanaan program uks sendiri harus didanai oleh pihak sekolah dengan mendukung terlaksananya program dan sasaran yaitu murid sekolah dana lingkungan sekitar sekolah, sari segi sarana dan metode dilakukan dengan berbagai pendekatan dan juga permainan yang disediakan agar murid cepat menangkap. Dari evaluasi input

  2. Proses : dari segi proses, program UKS terutama trias uks sudah berjalan dengan baik, pelaksanaan program trias uks sudah sesuai dengan pedoman dan sesuai dengan tingkatan UKS dari TK hingga SMA. Pelaksanaan proses ini dibantu oleh petugas kesehatan, guru dan terutama murid sekolah sebagai sasaran utama dari program ini. Dari proses program UKS ini pelaksanaan program dengan pendekatan dan pelaksanaan berbagai macam kegiatan sudah cukup baik dan proses kegiatan uks sudah berjalan lancar disetiap sekolah yang menerapkan program UKS.

  3. Output : dengan input dan proses yang ada, output dari program uks ini adalah derajat kesehatan dari anak sekolah sudah dalam tingkat ideal dan murid di sekolah sudah mengerti bagaimana cara menanamkan kebiasaan baik di sekolah dari program uks yang telah dijalankan dengan bantuan kegiatan-kegiatan yang ada.

  4. Dampak : dampak yang terjadi dari kebijakan program uks ini adalah meningkatnya kesehatan dan kesejahteraan murid,guru dan lingkungan sekolah serta memperbaiki perilaku yang tidak sehat dan menerapkan perilaku gizi seimbang dan pola hidp yang sehat.

  5. Lingkungan : lingkungan sekolah sangat mendukung dengan adanya program uks ini, lingkungan juga menjadi sehat dan ikut berpartisipasi dalam membantu penyehatan disekitar sekolah dan juga penanaman pola hidup yang bersih dan sehat sesuai program trias uks yang telah dijalankan.