Saturday, May 27, 2017

Tugas AKK kelas B




Setelah saya menonton film Etnografi kesehatan tahun 2014 yang berjudul "Cukit Budak Nun jauh di Mudik" Di desa Kasiro Jambi. Pada film Etnografi ini membahas mengenai pengaruh budaya yang masih melekat dalam proses perawatan bayi baru lahir. Seperti gambar diatas adalah salah satu bentuk tradisi kebudayaan masyarakat desa Kasiro yaitu mandi Kayi, dimana ritual ini diperuntukan pada bayi yang baru lahir untuk dimandikan di sungai agar terhindar dari roh – roh jahat begitu menurut kepercayaan masyarakat setempat. Untuk gambar yang kedua adalah kondisi kegiatan imunisasi yang sangat kurang di ikuti oleh masyarakat desa Kasiro karena menurut pandangan mereka imunisasi bukanlah hal yang harus dilakukan. Setelah menonton film etnografi ini timbul pertanyaan dari diri saya mengenai masalah ini yaitu :
1. Mengapa masyarakat kurang tertarik untuk membawa anaknya untuk melakukan Imunisasi ?
2.  Siapa yang harus bertanggung jawab dengan permasalahan ini ?
3. Bagaimana pengetahua masyarakat terutama ibu – ibu mengenai        pentingnya Imunisasi yang lengkap bagi bayi atau anka – anak mereka ?
4.   Apa upaya yang sudah dilakukan pemerintah terkait masalah ini ?
5.   Dimana masyarakat terutama ibu – ibu dapat mengetahui pengetahuan tentang KIA khususnya perawatan bayi baru lahir dan pentingnya Imunisasi lengkap bagi kesehatan bayi ?

Nama   : Arifiaty Rahma Dewi
NIM    : 1500029155
Kelas   : B