Saturday, May 27, 2017

Tugas 2: program nusantara sehat

Tugas AKK
Nama: Agung Setiawan
NIM   : 1400029223
Kelas : B

                                   
Contoh potret kehidupan masyarakat dan lingkungan di daerah tertinggal, perbatasan, dan kepulauan terluar
            Setelah melihat fakta ini, terlintas beberapa peretanyaan dalam fikiran saya akan fenomena ini:
1.      Dengan kondisi daerah yang masih tertinggal, adakah fasilitas dan tenaga kesehatan di daerah tersebut?
2.      Lantas dimana mereka bisa mengakses layanan kesehatan?
3.      Dengan kondisi sanitasi lingkungan yang buruk, adakah tenaga kesehatan disana yang membimbing masyarakat untuk memperbaiki sanitasi lingkungan dan berperilaku sehat guna mencegah penyakit?
4.      Apa upaya pemerintah untuk mengatasi masalah ini?
Jawab:
1.      Fasilitas kesehatan di daerah tertinggal masih minim dan terbatas. Untuk puskesmas saja biasanya hanya ada di tiap kecamatan dengan jarak yang cukup jauh. Hal ini semakin diperparah dengan kondisi geografis yang sulit untuk ditempuh. Keterbatasan sarana dan fasilitas pelayanan kesehatan tersebut menyebabkan kualitas kesehatan masyarakat di wilayah perbatasan masih tergolong rendah, selain dikarenakan kondisi lingkungan permukiman dan cara hidup masyarakat yang kurang sehat.
2.      Di daerah tertinggal, masyarakat masih mengalami kesulitan dalam mengakses layanan kesehatan. Selain disebabkan oleh fasilitas layanan kesehatan yang biasanya jaraknya cukup jauh, juga diperparah dengan keterbatasan akses akibat kondisi geografis yang sulit.
3.      Tenaga kesehatan di daerah tertinggal masih sangat terbatas. Di sisi lain, minat tenaga kesehatan yang bersedia ditempatkan di wilayah DTPK juga masih kurang. Selain itu upaya kesehatan yang dilakukan juga masih banyak terfokus pada upaya kuratif dan rehabilitatif. Dengan demikian, upaya-upaya preventif untuk mencegah penyakit masih misalnya dengan memperbaiki sanitasi lingkungan dan penerapan PHBS masih sangat kurang.
4.      Untuk mengatasi masalah kurangnya tenaga kesehatan dan akses kesehatan yang sulit di daerah tertinggal, perbatasan, dan daerah terluar maka pemerintah melalui Kementerian Kesehatan mengadakan program nusantara sehat. dengan adanya program ini dapat meningkatkat pemerataan (sebaran) akses terhadap layanan kesehatan. Selain meningkatkan pemerataan akses layanan kesehatan, program ini juga meningkatkan komposisi dan jumlah tenaga kesehatan melalui penempatan tenaga kesehatan berbasis tim dengan berbagai profesi tenaga kesehatan. Dengan demikian masyarakat tidak hanya memperoleh layanan kesehatan kuratif (penyembuhan/pengobatan), tetapi juga promotif (promosi kesehatan) dan preventif (pencegahan).


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
Kampus 1: Jln. Kapas No. 9 Yogyakarta
Kampus 2: Jl. Pramuka 42, Sidikan, Umbulharjo, Yogyakarta 55161
Kampus 3: Jl. Prof. Dr. Soepomo, S.H., Janturan, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta 55164Kampus 4: Jl.Ringroad Selatan, YogyakartaKampus 5: Jl. Ki Ageng Pemanahan 19, Yogyakarta


Kontak

Email: info@uad.ac.id
Telp. : (0274) 563515, 511830, 379418, 371120
Fax. : (0274) 564604