Monday, May 29, 2017

Kelemahan dan Kelebihan Kebijakan kesehatan tentang Asi Ekslusif

Kelemahan :
1.Rasa susu formula lebih bervariasi mulai dari rasa coklat, madu atau vanilla yang merupakan rasa buah-buahan yang disukai bayi. Sedangkan ASI rasanya gitu-gitu saja. 

2.Bayi kurang bisa berekspresi sewaktu minum susunya, tidak bisa guling sana, guling sini, sambil berdiri atau bahkan sambil berlari-lari. Bungkusnya kurang menarik. Bungkus ASI yang modelnya gitu-gitu saja tidak menarik untuk bayi karena tidak ada gambar miki mos atau gambar angry bird yang berwarna warni yang merupakan kesukaan anak-anak pada umumnya.

3.Kurang bebas. Ibu kurang bebas memberikan ASI untuk bayi jika ditempat umum. Tidak bisa mengeluarkan begitu saja, harus mencari tempat yang agak tersembunyi.

Kelebihan:
1.ASI mengandung antibodi dalam jumlah besar yang berasal dari tubuh seorang ibu. Antibodi tersebut membantu bayi menjadi tahan terhadap penyakit, selain itu juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. 2. Hormon yang terdapat di dalam ASI menciptakan rasa kantuk dan rasa nyaman. Hal ini dapat membantu menenangkan  kolik atau bayi yang sedang tumbuh gigi dan membantu membuat bayi tertidur setelah makan. 

2.Menyusui membantu perkembangan otak. Bayi yang diberi ASI rata-rata memiliki IQ 6 poin lebih tinggi dibandingkan dengan bayi yang diberi susu formula.

3.Menyusui secara psikologis baik bagi bayi dan meningkatkan ikatan dengan ibu. Jika seorang sedang membaca atau mengecek email saat menyusui, bayi tetap mendapat manfaat dari kehangatan dan keamanan karena meringkuk ke tubuh ibunya.

4.Hormon yang terdapat di dalam ASI menciptakan rasa kantuk dan rasa nyaman. Hal ini dapat membantu menenangkan  kolik atau bayi yang sedang tumbuh gigi dan membantu membuat bayi tertidur setelah makan.

5.Asi kaya akan zat penting yang dibutuhkan oleh bayi.  Karena ASI memiliki semua kandungan zat penting yang dibutuhkan oleh sang bayi seperti; DHA, AA, Omega 6, laktosa, taurin, protein, laktobasius, vitamin A, kolostrum, lemak, zat besi, laktoferin and lisozim yang semuanya dalam takaran dan komposisi yang pas untuk bayi, oleh karenanya ASI jauh lebih unggul dibandingkan dengan susu apapun.

6.Asi tidak basi dan selalu segar. Tidak seperti susu yang lain, ASI tidak akan basi, karena ASI langsung dihasilkan dipayudara sang ibu tanpa campur tangan bahan kimia, yang terpenting selama asupan makanan yang dikonsumsi oleh ibu bergizi seimbang dan tepat , maka ASI yang dihasilkanpun memiliki kualitas yang baik.

7.Bermanfaat untuk ibu dan bayi. Manfaat ASI bukan hanya untuk sang bayi akan tetapi juga untuk sang ibu , karena dengan menyusui sang ibu dapat melepaskan ketegangan yang ada pada payudaranya, selain itu memperkecil resiko sang ibu terkena kanker ovarium, dibanding dengan wanita yang tidak memberikan ASI.

Nama : Eka putri hartuti (1400029166)
Kelas : A