Monday, May 29, 2017

Evaluasi Kebijakan Asi Exclusive

EVALUASI
Keberhasilan ASI eksklusif dan IMD tidak pernah terjadi bila iklan susu formula masih sangat marak dilakukan. Studi menunjukkan bukti yang jelas bahwa pemasaran susu formula mempengaruhi tenaga kesehatan dan ibu untuk memberikan susu formula kepada bayi.36 Tanpa adanya sanksi dan upaya yang optimal dari pemerintah bagi pemasaran susu formula sangat sulit target ASI eksklusif dan IMD bisa dicapai.
Saat ini sudah sangat umum apabila masalah kesehatan dijadikan ajang promosi dalam pemilu. Kesempatan ini sangat baik untuk membangun komitmen dari penentu kebijakan untuk mengutamakan pemberian ASI eksklusif dan IMD. Apabila ini semakin banyak dilakukan kemungkinan adanya komitmen di tingkat pemerintahan terhadap kebijakan ASI eksklusif dan IMD akan lebih mudah terlaksana.
Dalam subsistem kebijakan, kendati di kalangan kesehatan pentingnya ASI eksklusif dan IMD tidak diragukan, ASI eksklusif dan IMD belum terlalu diperhitungkan. Selama ini diskusi antar koalisi yang penting tidak terdokumentasi dengan baik. Seperti telah dibahas sebelumnya pengambilan keputusan dan penentuan kebijakan berlangsung tidak transparan dan tidak terdokumentasi dengan baik. Demikian juga dengan pengalokasian dana dan penunjukan tugas dan kewenangan belum jelas tindaklanjutnya. Selama ini tidak ada kejelasan penerapan sanksi, insentif, monitoring, dan evaluasi dari kebijakan mengenai ASI eksklusif.
Kebijakan yang disusun harus memasukkan unsur sanksi dan reward serta monitoring dan evaluasi sebagai upaya penguatan implementasi kebijakan di masyarakat. Perkembangan dan dinamika kebijakan ASI eksklusif perlu terus menerus dicermati agar dapat dilakukan pengawalan terhadap kebijakan tersebut sehingga dapat diimplementasikan secara efektif.


PERTANYAAN TERKAIT GAMBAR 
Apa pendapat anda terkait aksi tersebut ? 
Menurut anda, apakah efektif aksi yang dilakukan oleh para perempuan diatas ?
Apakah anda setuju terhadap kebijakan yang diambil oleh gubernur tersebut terkait cuti hamil untuk asi exclusive ?
Apakah anda setuju jika selama cuti hamil wanita (PNS) tidak mendapat tunjangan apapun ?
Bagaimana menurut anda jika ada instansi yang tidak setuju terhadap kebijakan tersebut ? 



NAMA : RIZKI AISYAH
NIM : 1500029231