Sunday, May 28, 2017

Kelemahan dan Kelebihan Kebijakan Kesehatan Reproduksi

A.    Kesehatan Reproduksi
1.      Kesehatan ibu
a)      Kelebihan : penmerintah melakukan upaya kesehatan ibu dari sebelum hamil, hamil, persalianan dan sesudah melahirkan guna melahirkan generasi yang berkualitas serta engirangi kematian ibu.
b)      Kelemahan : dalam kurun waktu dua dekade terakhir, penurunan angka kematian ibu belum menunjukkan hasil yang diharapkan kasus kematian ibu masih belum mencapai target, ini memebuktikan bahwa kebijakan pemerintah belum berhasil sepenuhnya, upaya kesehatan ibu yang dilaksanakan masih belum merata.
2.      Aborsi
a)      Kelebihan :
-          Tindakan aborsi pada indikasi medis salah satu cara untuk menyelamatkan     nyawa seorang ibu.
-          Kehamilan akibat perkosaan akan mengakibatkan penderitaan fisik, mental dan sosial dan kebanyakan korban perkosaan mengalami reaksi penolakan kehamilan.
b)      Kelemahan :
-          banyak masyarakat yang memanfaatkan aborsi karena tidak mau menanggung malu.
-          Pihak pemerintah maupun tenaga kesehatan tidak bisa memprediksi korban perkosaan atau masyarakat yang tidak bertanggung jawab untuk dapat keuntungan.
3.      Infertilitas
a)      Kelebihan : membantu pasangan suami-istri untuk mendapatkan keturunan dengan bantuan alat medis.
b)      Kelemahan : banyak orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk memanfaatkan alat medis yang ditujukan pada tujuan yang negatif apabila tidak diberi batasan yang tegas oleh pemerintah.

Nama : Aslinah
Kelas : A