Monday, May 29, 2017

Kelebihan dan Kekurangan Kebijakan Menteri Kesehatan RI No. 34 Tahun 2015 tentang Penanggulangan Kanker Payudara dan Kanker Leher Rahim

Kelebihan dan kekurangan:

Kelebihan
1.       Program pelayanan kesehatan masyarakat berkesinambungan di bidang penyakit kanker serviks dan payudara yang mengutamakan aspek promotif dan preventif kepada masyarakat disertai pelayanan kesehatan perorangan secara kuratif dan rehabilitative serta paliatif.
2.       Terdapat kegiatan penapisan/skrining massal dan penemuan serta tindak lanjut dini dan dilaksanakan oleh dokter atau bidan terlatih di fasilitas kesehatan tingkat pertama atau fasilitas umum yang memadai
3.       Anggota masyarakat yang positif dapat dilakukan tindak lanjut krioterapi atau langsung dirujuk kefasilitas pelayanan kesehatan yang memiliki fasilitas krioterapi.
4.       Penanggulangan kanker payudara dan kanker leher Rahim dalam bentuk pelayanan kesehatan masyarakat dan pelayanan perorangan harus memperhatikan persyaratan kenyamanan dan privasi pasien.

Kekurangan
1.       Tenaga kesehatan yang digunakan hanya dokter, bidan, dan tenaga kesehatan terlatih yang menjadi pelaksana pelayanan kesehatan masyarakat dan atau pelayanan kesehatan perorangan dalam penanggulangan kanker payudara dankanker leher Rahim. Dan mereka wajib melakukan pencataan dan pelaporan program berdasarkan surveilans penyakit tidak menular. Tidak di khususkan tenaga kesehatan masyarakat yang terlatih menjadi tenaga surveilens da melaksanakan program pencegahan dan penanggulangan.
2.       Pada pengaplikasiannya untuk penapisan/skrining hanya sedikit masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan dini. Seharusnya pemerintah juga membuat program agar masyarakat berkeinginan untuk melakukan pemeriksaan kepada tenaga kesehatan sebagai keaktifan masyarakat dalam kepeduliannya terhadap kesehatan.
3.       Program atau kegiatan deteksi dini dilakukan pada masyarakat hanya akan berhasil apabila kegiatannya dihubungkan dengan pengobatan yang adekuat, terjangkau, aman, dan mampunlaksana, serta mencakup 80% populasi perempuan yang berisiko.

Nama: Tri Septianingsih
Kelas: A


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
Kampus 1: Jln. Kapas No. 9 Yogyakarta
Kampus 2: Jl. Pramuka 42, Sidikan, Umbulharjo, Yogyakarta 55161
Kampus 3: Jl. Prof. Dr. Soepomo, S.H., Janturan, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta 55164Kampus 4: Jl.Ringroad Selatan, YogyakartaKampus 5: Jl. Ki Ageng Pemanahan 19, Yogyakarta


Kontak

Email: info@uad.ac.id
Telp. : (0274) 563515, 511830, 379418, 371120
Fax. : (0274) 564604