Monday, May 29, 2017

Analisis terkait Human Trafficking

Terkait gambar yang di lampirkan, perdagangan manusia (Human Trafficking) berkaitan erat dengan hubungan antar negara, karena perdagangan tersebut biasanya dilakukan di daerah perbatasan negara dan modus operasi yang dilakukan adalah pengiriman ke berbagai negara penerima seperti Malaysia dan Singapura. Lemahnya penjagaan dan keamanan daerah perbatasan menjadikan faktor utama perdagangan manusia, sehingga dengan mudah seseorang dapat melakukan transaksi perdagangan tersebut. (Human Trafficking) yaitu perdagangan manusia terutama pada perempuan dan anak-anak, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.
Banyak dampak yang ditimbulkan dengan adanya perdagangan manusia tersebut tidak hanya merugikan negara saja tetapi juga pada korban dari perdagangan manusia tersebut. Menurut Jose Ferraris sebagai perwakilan dari UNFPA mengatakan bahwa "perdagangan manusia terdiri dari berbagai bentuk, termasuk paksaan dalam eksploitasi seksual komersial, pelacuran anak dibawah umur, jeratan hutang atau kerja paksa".
Kebanyakan trafficking terjadi karna kurangnya pendidikan, tingkat ekonomi yang rendah dan kurangnya kepedulian dari orang tuanya.
Pertanyaan :
1. Dilihat dari permasalahan diatas, adakah pihak dari pemerintah untuk melakukan pencegahan terkait terjadinya traffiking di indonesia ?
2. Bagaimana dampak dari terjadinya traffiking yang hingga sekarang masih terjadi ?
3. Bagaimana menempatkan isu Human Trafficking dalam konteks lokalisasi dan ketenagakerjaan ?
4. Salah satu faktor terjadinya human trafficking adalah kurang kepedulian orangtua, adakah peran pemerintah untuk meningkatkan kepedulian dari orangtua itu sendiri ?
NAMA : R. MULYA RIZKITIAR RAMADHAN
NIM : 1400029136
KELAS : A

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
Kampus 1: Jln. Kapas No. 9 Yogyakarta
Kampus 2: Jl. Pramuka 42, Sidikan, Umbulharjo, Yogyakarta 55161
Kampus 3: Jl. Prof. Dr. Soepomo, S.H., Janturan, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta 55164Kampus 4: Jl.Ringroad Selatan, YogyakartaKampus 5: Jl. Ki Ageng Pemanahan 19, Yogyakarta


Kontak

Email: info@uad.ac.id
Telp. : (0274) 563515, 511830, 379418, 371120
Fax. : (0274) 564604