Tuesday, May 30, 2017

10 Tanda Wanita akan Memasuki Masa Menopause (Evaluasi)

Menopause merupakan peristiwa alami dalam siklus kehidupan wanita. Untuk mencegah berbagai keluhan yang mungkin terjadi dimasa menopause yang disebabkan oleh kekurangan hormone estrogen, pengaturan menu makanan yang tepat sedini mungkin adalah salah satu jawaban yang tepat untuk mengatasi kekurangan hormone estrogen pada tubuh. Hal ini merupakan alternative alamiah, yaitu dengan mengkonsumsi ekstra estrogen yang banyak terkandung pada sejumlah bahan pangan.

Sebuah menopause diet adalah waktu yang baik untuk membatasi makanan yang tidak begitu bagus untuk seorang wanita menuju masa menopause karena ransel dikalori dapat lebih mudah selama fase kehidupan ini dan factor resiko jenis penyakit tertentu bisa naik. Tidak mengkonsumsi lemak berlebih dan tidak tidak mengkonsumsi minuman berakohol juga minuman berkafein, akan memelihara hati dan sistem kardiovaskuler yang sehat dan membantu untuk mengurangi resiko kondisi seperti kanker dan diabetes.

Mengganti pilihan dengan pilihan yang lebih sehat seperti air mineral dan teh hijau tanpa kafein. Sayuran dan buah-buahan segar selalu penting untuk disertakan dalam setiap diet. Seorang wanita harus menjauhi makanan berlemak dan manis serta yang menggandung kafein atau apapun yang benar-benar tidak memiliki nilai gizi.

Ada senyawa alamiah dalam tumbuh-tumbuhan dan kacang-kacangan yang struktur kimianya mirip dengan hormone estrogen dan disinyalir akan menghasilkan efek seperti kerja estrogen. Senyawa tersebut disebut fitoestrogen. Bahan pangan yang kaya akan fitoestrogen adalah jenis kacang-kacangan terutama kacang kedelai, serta dapat ditemukan pada hampir semua jenis sereal sayuran, papaya, dan tanaman lain yang kaya akan kalsium.

Bahan pangan kaya fitoestrogen yang cocok digunakan untuk minuman segar antara lain tahu sutera. Bahan yang terbuat dari kacang kedelai ini memiliki tekstur yang sangat lembut, seperti krim kental, dapat menjadi pengganti aneka produk dari daging sapi dan minyak hewanI, Dan susu kedelai. Susu yang terbuat dari kacang kedelai ini kaya zat fitoetrogen, sangat fleksibel diolah menjadi dessert yang menggugah selera. Dianjurkan pula mengkomsumsikan bengkuang, dan agar-agar rumput laut.

Berolahraga secara teratur banyak manfaatnya. Berolahraga memungkinkan untuk membakar lemak yang berlebih dengan lebih efisien. Dengan demikian, olahraga membantu mengandalikan berat badan. Selain itu olahraga mempunyai manfaat sebagai berikut:

1. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, serta kemampuan tubuh untuk menjaga kadar gula darah.

2.    Menjaga kepadatan tulang.

3.    Menjaga masa otot.

4.    Membakar kalori lemak.

5.    Mengurangi stress.

6.    Mengurangi gejala menopause misalnya meriang.

7. Membantu menjaga fleksibilitas dan kelenturan sendi sejalan dengan bertambahnya usia.


Nama: Rahmawati Pratiwi

NIM  : 1500029304

Kelas : A