Sunday, June 4, 2017

Evaluasi PHBS

LAILI FITRIYAH
1500029239
B


Contoh kegiatan yang dilaksanakan di tatanan/setting institusi pendidikan

 

Evaluasi dari program kebijakan dari pemerintah tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ini adalah suatu program promosi kesehatan dimana, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan salah satu program promosi kesehatan dari pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat dalam memelihara dan meningkatkan kesehatannya. Masyarakat dapat menerapkannya dikehidupan sehari-hari, dapat berdampak baik kepada anggota keluarga, sehingga semua anggota keluarga menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, lebih memahami tentang perilaku hidup bersih dan sehat sehingga Program ini dapat dijalankan, dimana program ini sangat baik untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari tahu menjadi mau untuk melakukan, dari mau menjadi mampu untuk melaksanakannya. Mengetahui perilaku hidup bersih dan sehat, dapat menolong dirinya dari penularan penyakit, menjaga kondisi badan tetap sehat, mengajarkan anak dari yang tidak tahu menjadi tahu dari tahu menjadi mau dari mau menjadi mampu untuk melakukannya dan menerapkan dikehidupan sehari-hari, adanya perubahan fisik dan perilaku.

Program ini dapat dilaksanakan dengan mempromosikannya di berbagai tatanan, dimana program ini memiliki 5 tatanan/setting yaitu tatanan rumah tangga, institusi pendidikan, institusi kesehatan, tempat kerja dan tempat-tempat umum. Dari ke 5 tatanan tersebut memiliki tujuan yang sama untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan memberdayakan masyarakat.

Tujuan dari PHBS adalah untuk meningkatkan kemandirian masyarakat dalam memelihara dan meningkatakan kesehatannya, Meningkatnya pengetahuan, perubahan sikap dan perilaku serta kemandirian perorangan, keluarga dan masyarakat dalam mengatasi masalah kesehatan agar dapat hidup bersih dan sehat, Meningkatkan pengetahuan, kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat agar hidup bersih dan sehat serta masyarakat termasuk swasta dan dunia usaha berperan serta aktif mewujudkan derajat kesehatan yang optimal. Dari tujuan tersebut PHBS dapat dilaksaakan kapan saja. Tanpa banyak megeluarkan biaya, tenaga, waktu. Karna hal tersebut merupakan kegiatan yang dilakukan setiap hari.