Friday, May 26, 2017

Tugas AKK

Hasil gambar untuk masyarakat desa terpencil yang susah akses kesehatan
saya mengambil materi ini untuk melanjutkan pembahasan dari tugas saya sebelumnya yaitu mengenai kebijakan bagi masyarakat miskin di Indonesia. banyak kebijakan pemerintah yang sudah dibuat mulai dari social safety net (jaring pengaman sosial bidang kesehatan) kemudian berubah menjadi program JPKPSBBM (Jaminan Pelayanan Kesehatan akibat Pengurangan subsidi Bahan Bakar Minyak), kemudian berubah menjadi program Askeskin. dan terakhir di instrudusir program Jamkesmas (Jaminan Pelayanan Kesehatan Masyarakat). saya akan membahas mengenai beberapa masalah umum yang dihadapi Jamkesmas.

1.       Apa itu Jamkesmas?

Jamkesmas merupakan suatu program yang dibuat pemerintah untuk menjamin kebutuhan kesehatan bagi masyarakat kurang/tidak mampu. Program ini diselenggarakan secara nasional agar terjadi subsidi silang dalam rangka mewujudkan pelayanan kesehatan yang menyeluruh bagi masyarakat miskin.

2.       Mengapa pelayanan Jamksesmas yang ditujukan untuk masyarakat kurang/tidak mampu belum berjalan optimal?

Hal ini dikarenakan masih banyak pendududuk/masyarakat kurang mampu di Indonesia yang belum mengerti mengenai Jamkesmas, sehingga mereka enggan untuk berobat. Padahal jika mereka mengikuti program Jamkesmas ini mereka bisa berobat secara gratis. Selain itu banyak masyarakat di daerah terpencil yang sebenarnya tidak masuk dalam kategori masyarakat tidak mampu justru mendapatkan kartu Jamkesmas tersebut. Sementara masyarakat yang masuk dalam kategori tidak mampu justru tidak mendapatkan kartu Jamkesmas tersebut.

3.       Siapakah yang berperan dalam proses kelancaran program Jamkesmas?

Menurut saya, setiap warga negara mempunyai kewajibannya masing-masing. Pemerintah selaku penyelenggara program wajib juga untuk mengawal proses distribusi kartu Jamkesmas ini hingga benar-benar sampai ke tangan masyarakat yang benar-benar layak untuk mendapatkannnya. Kemudian masyarakat pun selayaknya mengikuti program ini agar nantinya tidak perlu mengkhawatirkan biaya yang perlu ditanggung untuk berobat. Sosialisasi mengenai program Jamkesmas ini juga perlu ditingkatkan agar semua kalangan masyarakat paham betul fungsi serta manfaat dan sasaran dari Jamkesmas ini.

4.       Dimana tempat yang perlu dilakukan sosialisasi mengenai Jamkesmas?

Sebenarnya setiap daerah di Indonesia perlu untuk mendapatkan sosialisasi mengenai Jamkesmas. Namun yang perlu menjadi perhatian lebih adalah masyarakat di daerah pedesaan atau di daerah terpencil yang memiliki kehidupan yang sulit.

Nama : Nurvita Kurnia Sari
NIM    : 1500029205
Kelas  : B