Friday, May 26, 2017

Program Nusantara Sehat

TUGAS ADIMINISTRASI DAN KEBIJAKAN KESEHATAN

Nama   :   Andika Dwi Rianita
NIM      :  1400029231
Kelas    :  B


​Pembekalan Tim Nusantara Sehat


​Pengabdian Peserta Nusantara Sehat di Puskesmas Kombut

Pertanyaan :

1) Mengapa mereka ada dan bertugas di Program Nusantara Sehat ?
2) Darimana sajakah kah mereka berasal ?
3) Bagaimana cara mereka melaksanakan tugasnya pada Program                           N
usantara Sehat ?

4) Apa usaha/dukungan pemerintah terhadap Program Nusantara Sehat ? 

5) Seperti apa pandangan masyarakat sekitar terhadap Program Nusantara               Sehat ?

Jawab :

1) Mereka ada pada Program Nusantara Sehat karena mendaftarkan diri sebagai      tim nusantara sehat sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan. Mereka              adalah para tenaga kesehatan yang telah mendaftarkan diri dengan diawali          mengisi form  data diri dan esai. Selanjutnya, wawancara tatap muka, tes            psikologi, dan tes dalam FGD (Focus Group Discussion). Semua proses              tersebut dilakukan untuk melihat komitmen para peserta. Bagi para peserta          yang lolos nantinya akan dikirim ke daerah-daerah terpencil, terluar, dan              daerah sulit, tetapi sebelumnya peserta akan diberikan pembekalan terlebih          dahulu.

2) Para Tim Nusantara Sehat berasal dari berbagai Propinsi di Indonesia. Mereka     juga berasal dari berbagai macam profesi kesehatan seperti dokter, dokter gigi,     perawat, bidan, ahli gizi, tenaga kefarmasian, tenaga Kesling, tenaga Kesmas     dan ahli laboratorium medik, dll.

3 Peserta Nusantara Sehat melaksanakan tugasnya dengan memberikan                penguatan pelayanan kesehatan primer. Kemudian memperkuat akses                pelayanan kesehatan (puskesmas) di daerah pelosok atau perbatasan dengan      berfokus pada kegiatan kuratif, promotif, dan preventif di daerah-daerah yang        paling membutuhkan.

4) Pemerintah melakukan suatu penandatanganan komitmen untuk mendukung         Program Nusantara Sehat yang diluncurkan oleh Kementerian Kesehatan.           Selanjutnya mengadakan program pembekalan untuk Tim Nusantara  yang           terdiri dari bela negara, penguatan program, pengembangan diri serta                   pelayanan medis dan komunitas. 

5) Kalau menurut saya, pandangan masyarakat terhadap Program Nusantara           Sehat ada yang memandang secara positif dan ada juga yang memandang           secara negatif. Tetapi tentunya mereka lebih banyak yang memandang positif       dengan adanya program tersebut, sebab program tersebut membantu                   masyarakat yang berada di daerah-daerah tertinggal, perbatasan dan                   kepulauan (DTPK) serta daerah bermasalah kesehatan (DBK) untuk                     mendapatkan pemerataan pelayanan kesehatan dan Tim Nusantara Sehat juga     aktif bekerja sama dengan masyarakat lokal dalam membangun daerah               tersebut.